Friday, November 5, 2010

Cermat dalam memilih tripod

By Anton Ireng

Bagi mereka yang bergelut di dunia fotografi, kehadiran tripod tentu menjadi perangkat yang sangat membantu saat hendak mengabadikan momen—terutama dalam kondisi cahaya atau kecepatan rendah. Selain itu, dengan bantuan alat ini komposisi foto yang dihasilkan nanti pun akan lebih akurat.

Saat hendak memilih, memperhatikan kebutuhan tripod menjadi hal utama yang dapat dilakukan. Bagi mereka yang gemar mengambil foto landscape, maka tripod yang kokoh menjadi satu hal yang harus dipenuhi mengingat perangkat tersebut harus mampu menahan terpaan angin atau arus sungai.

Sumber gambar : Google

Demikian pula pada bagian kaki tripod, hendaknya memilih yang mudah dibuka sehingga mampu menahan kondisi tanah, batu atau pasir yang labil. Kemudahan kaki tripod untuk dibuka menjadi pertimbangan lain yang harus diperhatikan.

Kemudian, bagi yang gemar melakukan hiking, dianjurkan untuk memilih tripod yang terbuat dari bahan yang tahan benturan tapi ringan agar tubuh tidak cepat mengalami kelelahan. Di pasaran dapat ditemui beragam tripod yang terbuat dari bahan yang bermacam-macam, mulai dari alumunium sampai serat karbon.

Untuk mereka yang gemar mengambil foto interior, foto produk, atau model, dibutuhkan tripod yang lebih kokoh karena barang tersebut seringkali harus menahan kamera jenis medium format yang notabene lebih berat dibandingkan kamera jenis SLR (single lens reflex).

Untuk tinggi rendahnya tripod—bagi fotografer landscape maupun interior—semua bergantung pada selera masing-masing. Namun pada foto interior, tripod yang dapat disetel rendah (hingga kira-kira 10 cm) tampaknya tidak dibutuhkan, berbeda dengan foto landscape yang kerap mengabadikan foto binatang atau benda-benda kecil di alam.

Sumber gambar : Google

Setelah menentukan tripod jenis mana yang akan dipilih, pertimbangan berikut yang juga harus dipikirkan adalah budget dan kemudahan saat mengoperasikan tuas-tuas pada tripod. Namun, jika memang hendak menggeluti dunia ini dengan serius, tak ada salahnya untuk membeli tripod dengan kualitas yang baik, meski dengan harga yang lebih mahal.

No comments:

Post a Comment